15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Bupati Lampung Utara Hi. Budi Utomo SE.,MM, Membuka acara Musrenbang di Kecamatan Sungkai Barat.


FAKTA JURNALIS.COM-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pertama tingkat Kecamatan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara  (RKPD)Tahun 2023 diselenggarakan di Aula Kantor Camat Sungkai Barat pada,
Rabu (23/02/2022).


Bupati Lampung Utara Hi.Budi Utomo.,SE., MM. di Wakilkan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Hi. Azwar Yazid SE.,MM, secara resmi membuka musrenbang tersebut. Dalam sambutannya yang mewakili Bupati Lampung Utara menyampaikan  dalam rangka musyawarah perencanaan pembangunan Kecamatan untuk pembangunan tahun 2023, meskipun harus kita laksanakan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.


Sebagaimana kita ketahui bahwa pandemic Covid-19 masih terus berlangsung secara fluktuatif dan Belum tahu kapan berakhirnya.pemerintah telah beberapa kali mengeluarkan kebijakan khusus, menyesuaikan dengan perkembangan dan kondisi daerah.

Meskipun demikian, Sesuai dengan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, bahwa dalam perencanaan pembangunan perlu dilakukan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) secara berjenjang di tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional. 

Karena itulah meskipun harus kita laksanakan secara terbatas dan dengan penerapan protokol kesehatan, maka pada hari ini kita laksanakan musrembang Kecamatan sebagai bagian dari proses perencanaan pembangunan daerah untuk tahun 2023.


Selanjudnya Beliau juga Menyampaikan bahwa musrembang Kecamatan itu merupakan tindak lanjut atau kesinambungan dari musrembang desa/kelurahan, di mana Mas Rembang ini merupakan forum integrasi, sinkronisasi, dan Sinergi antar pelaku pembangunan, serta merupakan strategi pemberdayaan masyarakat yang melibatkan semua komponen, yaitu pemerintah, masyarakat dan swasta. 

adanya partisipasi dari masyarakat ini merupakan salah satu indikator utama dalam sebuah keberhasilan pembangunan. 

Karena itulah melalui musrenbang kecamatan ini diharapkan kita semua dapat memadukan, menyerasikan,
dan menyinergikan sebagai potensi, kekuatan, dan peluang. 

sehingga dari awal kita telah mampu menyusun desain perencanaan secara sistematis, Dengan arah yang mampu mengharmonisasika
n sebagai program atau kegiatan dari 
semua elemen pembangunan.

Beliau juga menyampaikan berbagai rencana pembangunan yang telah disepakati oleh masyarakat dan pemerintahan desa/kelurahan yang telah disusun berdasarkan evaluasi pelaksanaan pembangunan desa/kelurahan pada tahun sebelumnya,
dan rencana pembangunan pada tahun yang akan datang, perlu dibahas dan dikaji kembali di tingkat kecamatan dan menyesuaikan kebutuhan dengan skala prioritas, dan untuk dijadikan dokumen rencana kerja (Renja) Kecamatan.

karena itu saya ingin menekankan bahwa dalam musrembang Kecamatan ini perlu memperhatikan pula rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD)  Kabupaten Lampung Utara tahun 2014-2019  dan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJP) Kabupaten Lampung Utara tahun 2005-2025,
 karena hasil dari musrembang Kecamatan ini akan menjadi bahan masukan dan saran yang dituangkan dalam berita acara hasil kesepakatan musrenbang kecamatan yang selanjutnya nanti akan dibahas dalam musrembang tingkat kabupaten, dan menjadi dasar penyusunan skala prioritas bagi pemerintah daerah Kabupaten Lampung Utara pada tahun kegiatan 2023.


Di Ahir Sambutan Beliau Mari kita menjadikan momentum musrembang ini untuk semakin mempererat semangat kebersamaan kita dalam mendukung dan melaksanakan pembangunan, dengan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian, turut aktif menjaga iklim kondusif dan toleransi, agar Kabupaten Lampung Utara senantiasa aman, agamis,  Maju dan sejahtera. dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim musyawarah perencanaan pembangunan Kecamatan di kecamatan Sungkai barat secara resmi saya nyatakan dibuka.tutupnya


Camat Sungkai Barat Ripalsyah.,SH. mm. dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang pada hari ini adalah lanjutan proses Musrenbang di masing-masing desa yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian pelaksanaan program pembangunan. Partisipasi semua pihak dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan pembangunan itu sendiri, bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil-hasil pembangunan,” ujarnya.

“Melalui forum Musrenbang ini kita bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan yang kita hadapi, memberikan masukan, saran, dan pendapat yang konstruktif bagi pembangunan di tahun 2023,” ujar Camat Sungkai Barat mengakhiri laporannya.

Adapun yang menjadi  Moderator dalam Musrenbang tersebut adalah Kabid Psda Bappeda Kabupaten Lampung Utara Ahmad Farouk.,WA.,SH. Turut hadir pada pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tersebut, , Unsur TNI,Polri,Dinkes, Dinas Pertanian, Dinsos, Dinas PMD, Dinas PU dan Dinas perkim,Kepala UPTD Puskesmas, Kepala Desa se-Kecamatan Sungkai Barat, Ketua BPD se-Kecamatan Sungkai Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan  Sungkai Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan    Sungkai Barat dan Tokoh Masyarakat dan Insan Pers dari berbagai Media Cetak dan Electronik(Online).(MANSYUR)
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar